Thursday, January 27, 2011

Jelajah Pantai Selatan Garut (3 - Tamat) : Puncak Guha, Rancabuaya, Cidora

Artikel ini merupakan lanjutan dari Jelajah Pantai Selatan Garut (2)
Berat sama dipikul ringan sama di jinjing (Rancabuaya)  

......

Puncak Guha

Dari Pantai Cicalobak perjalanan saya lanjutkan ke Puncak Guha, belum afdol jika anda berwisata ke Pantai Selatan Garut tanpa mengunjungi tempat ini.


View Puncak Guha ke arah barat
View Puncak Guha ke arah timur

Lokasi yang tepat untuk melihat sunrise/sunset
Puncak Guha merupakan sebuah bukit yang berada tepat di bibir pantai dan di bawah nya terdapat goa. Di goa ini terdapat banyak sekali lalay (kelelawar) dan anda bisa melihatnya dari atas karena terdapat sebuah lubang seperti sumur yang menyambung dengan goa di bawah bukit ini.

Mendekati goa lalay
Air laut akan terlihat ketika pasang
Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan tujuan utama dari sebagian besar wisatawan yang berwisata ke Pantai Selatan Garut, selain keindahannya pantai ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dari mulai penginapan hingga rumah makan berjajar di sepanjang sisi pantai, anda juga bisa membeli ikan di sini karena terdapat pelabuhan kecil yang cukup ramai.

Perempatan menuju Rancabuaya
Hamparan batu karang di Rancabuaya
Pantai Rancabuaya
Macam-macam ikan ada disini

Pantai Cidora

Tidak jauh dari Pantai Rancabuaya ada sebuah turunan ke kanan sebelum memasuki Pantai Rancabuaya, anda bisa berjalan kaki dari Pelabuhan Rancabuaya karena masih satu area tapi masyarakat sekitar menyebutnya Cidora. Jika anda lebih senang dengan suasana yang tidak terlalu ramai maka Cidora cocok untuk anda.

Pantai Cidora (sayang sedang mendung)
Menangkap ikan di Pantai Cidora

Pantai Cidora merupakan akhir dari penelusuran saya kali ini. Seluruh perjalanan dalam Jelajah Pantai Selatan Garut dari mulai bagian 1 hingga 3 saya lakukan dalam 1 hari penuh dengan menggunakan motor dan kadang berjalan kaki, tak henti-hentinya saya di buat takjub oleh keindahan yang saya temui dari satu tempat ke tempat lainnya. Kapan-kapan anda harus mencoba nya! :)

4 comments:

  1. ass.wr.wb
    kang, pasihan terang jalan menuju ka Pantai Pasir Putih Gunung Geder, abi mahasiswa orang garut, tapi kuliah di sumatra, sumpah ningali pemandangan na eksotis mennnn, jadi hoyong gera gera uih ieu th, hehehe . .
    pasihan terang nyak kang jalan menuju lokasi na. diantos waleran na . hatur nuhun kang.
    di kirim k email abi wh : mf_ramadhani@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Hebatlah garut..., sok atuh ah infrastukturna dilengkepan deui, sim kuring mung kantos kemping di santolo mungkul nu alhamdulilah marurah hahargaan di daerah eta mah teu kawas dipantai2 anu tos kasohor (pangandaran, anyer, carita), Insya Alloh Gunung Geder ah rencana salajengna....!!!

    ReplyDelete
  3. sumpah, keren banget tempat tempatnya kang.
    makasih buat catpernya .

    mau nanya klo mau nyusur gitu, enaknya pake kendaraan atau pake umum kang ? saya kayanya minat ini minggu depan buat nyusur sepanjang pantai selatan :) bisa email ke ghaisandi.oktrianda@yahoo.com info lebih lanjutnya.

    ReplyDelete
  4. sudah pernah sekali ke sana. Dan ngga nyesel :)
    Insha Allah hari ini mau ke Pameungpeuk lagi.. menyusuri pantainya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...